Mengapa Anjing Melihat Semua Warna Dalam Hitam Putih?

Beberapa pemikiran sudah beredar dan dianggap kenyataan begitu lama sampai tidak ada lagi yang mempertanyakan apakah memang faktanya begitu. Salah satu pemikiran demikian adalah anjing melihat dalam hitam putih bahwa bagi sahabat kita yang menyalak itu, dunia seperti tayangan televisi tahun 1950-an.Tetapi menurut Gerald Jacobs, seorang psikolog eksperimen di Universitas California, di Santa Barbara, AS, anjing mungkin bisa melihat langit sebiru kita.

Jacobs dan kedua temannya merancang mesin, yang dijalankan komputer, yang menganalisa cahaya yang dilihat anjing dan dan mengeluarkan hadiah daging dan keju. Kemudian mereka mencatat kerja sama dua anjing greyhound dan seekor pudel. Para periset ingin tahu apakah sahabat-sahabat benar-benar melihat kehidupan dalam nuansa abu-abu yang membosankan.
           Percobaan mereka mumbuktikan bahwa penglihatan anjing berwarna. Tetapi anjing, kata mereka, mirip orang buta warna. Bukannya melihat pelangi warna, anjing tampaknya tidak bisa membedakan merah dengan hijau, atau keduanya dengan kuning atau jingga, ini artinya mangkuk kuning anjingmu tidak terlihat mencolok apabila diletakkan di tengah rumput hijau. Tetapi bola biru akan tampak cantik dan biru, tidak seperti warna lainnya.
           Manusia juga banyak yang bermasalah dengan melihat warna. Sampai 6 dari 100 anak laki-laki dan pria dewasa di Amerika Serikat sukar melihat warna hijau. Hanya sedikit wanita yang buta warna. Kebanyakan buta warna diwariskan bersama gen anak laki-laki.
Pemicu buta warna mungkin berada di retina, lapisan tipis sel yang menutupi sisi dalam bola mata. Sebagian dari sel dibagian retina disebut “kerucut” mengirim informasi tentang warna dari mata ke otak. Kerucut juga mengandung pigmen, zat kimia yang menyerap panjang gelombang, atau warna berbeda dalam cahaya.
           Pada manusia, pigmen kerucut peka terhadap tiga warna primer: merah, hijau, dan biru. Cahaya diserap dan di implus bergerak sepanjang syaraf optik ke otak. Dengan suatu cara, otak menerjemahkan implus ini ke semua warna yang kita lihat.
Beberapa orang yang benar-benar buta warna hanya melihat kuning dan biru, lainnya tampak abu-abu, hitam atau putih. Orang-orang lainnya bisa melihat merah dan hijau dengan baik, tetapi tidak kuning dan biru. Sedikit orang yang benar-benar malang memang melihat semuanya dalam nuansa hitam, putih, dan abu-abu.
          Kendati kebanyakan orang mewarisi kebutaan warna mereka, lainnya menemukan bahwa penglihatan warna mereka berubah ketika penyakit menyerang syaraf optik, atau apabila bagian dari otak yang menangani penglihatan terganggu.
          Jacobs berkata bahwa tidak seorangpun tahu pasti apa yang dilihat anjing ketika mereka melihat warna. Sel-sel kerucut anjing mungkin hanya peka pada merah, biru, dan jeruk, pisang, dan apel mungkin tampak merah bagi anjing. Tetapi setidaknya kita tahu bahwa anjing menghuni dunia yang lebih ceria daripada yang kita bayangkan.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment