Cara Mobil Baterai di Pompa Listrik


Weiss.. mau enggak, kamu naik mobil baterai seperti mobil tamiya? Lajunya juga sekencang mobil tamiya. Uniknya, mobil ini tidak pergi ke pompa bensin. Walah, seperti apa, sih? Yuk, kita dengar cerita mobil baterai di pompa listrik!

Sulitnya Pakai Mobil Baterai
Sudah lama orang pengin naik mobil baterai. Mobil ini tidak digerakkan oleh listrik! Sayangnya, membuat mobil baterai tidak mudah. Bayangkan, satu mobil tamiya butuh baterai seberat 2 ons. Itu artinya untuk menggerakan mobil besar dengan lima penumpang membutuhkan ribuan baterai. Waduh, ukuran baterai jadi besar dan berat ya dong! Mobil baterai hanya bisa berjalan sejauh 3 kilometer. Jalannya pun lamban. Apalagi baterai juga tidak tahan udara panas dan dingin.  Yah.. baterai dapat meledak jika udara terlalu panas. Padahal, suhu mobil saat parkir di lapangan bisa panas sekali, kan?..

Pakai Baterai HP
           Bertahun – tahun para ilmuan mencari cara membuat abterai untuk mobil berukuran besar. Untungnya, ada ilmuan yang tekun meneliti baterai mobil. Itulah Profesor Andy Frank. Sssst, Profesor Andy meniliti baterai mobil selama 30 tahun! Hasilnya, Profesor Andy membuat baterai khusus untuk menjalankan mobil. Baterai itu dibuat dari baterai handphone. Berapa banyak baterai handphone yang harus dipakai untuk menjalankan mobil, ya? Eh, ternyata ukuran baterainya tidak besar, lo. Baterai itu hanya berukuran 50 cm x 50 cm. Hebatnya, baterai Profesor Andy dapat menjalankan mobil sejauh 13 kilometer. Bahkan, mobil sanggup melaju dengan kecepatan 100 kilometer per jam. Wah, tidak kalah dengan mobil yang memakai bensin.

Isi Listrik, Dong..
          Mobil yang memakai baterai di sebut mobil Plug In. Artinya, mobil yang dicolokan ke sumber listrik. Oleh karena itu, mobil Plug In harus dipompa listrik untuk mengisi baterainya. Di pompa listrik brederet steker listrik. Mobil Plug In mengeluarkan kabel untuk mengisi listrik, Persis orang mengisi bensin. Tetapi, pengemudinya bilang, “Beli listrik, dong..”.  Sayangnya, mobil Plug In cukup merepotkan. Sebab mobil harus dicolokan ke listrik selama 4 jam. Aduh, padahal orang ingin mobilnya dapat pergi jauh dan tidak perlu lama-lama mengisi baterai. Hmm, ada akal. Bagaimana jika mobil Pug In juga memakai bensin? Jika baterai habis, mobil bisa ganti pakai bensin. Yaps, Mobil Plug In lalu dibuat menjadi Mobil Hybrid. Artinya, mobil yang memakai dua.
Mobil baru berarti nama baru. Nama apa yang tepat untuk mobil baru ini? Ahli mobil menamainya Mobil Plug In Hybrid. Hmm, namanya susah, ya? Bagaimana jika kita namai Mobil Hycoli? Singkatan dari Mobil Hybrid Colokan Listrik. Hehehehe...


Berita Mobil Hycoli
  1. Mobil Hycoli memakai listrik 2700  Watt. Sama dengan satu rumah memakai listrik untuk lampu, televisi, kulkas, dan AC
  2. Kini negara maju punya “Pompa listrik”. Isinya deretan steker listrik.
  3. Toyota berhasil membuat baterai yang aman. Mobil Hycoli buatan Toyota disebut The Next Generation Prius (Prius PHEV).
                                                     
                                   
    Previous
    Next Post »
    Thanks for your comment