Kerajaan Gizi Pada Segelas Susu



Yap! Susu memang punya kerajaan gizi! Sebab, minuman ini memiliki kandungan gizi yang banyak dan lengkap! Diantaranya : Mineral, Protein, Kalori, Karbohidrat, Lemak, Fosfor, Besi, Vitamin B1, Vitamin B2, Niacin dan masih banyak lagi. Kandungan gizi tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan tubuh kita. Misalnya, kalsium yang bisa memperkuat tulang kita.




Kerajaan gizi yang sehat dan bermanfaat akan kita dapatkan dalam susu segar murni. Yaitu susu yang diperah dari hewan ternak, seperti sapi atau kambing, terus langsung kita minum! Jadi susu ini belum tercampur zat lain dan belum mengalami proses apapun. Sayangnya, susu segar murni bisa tercemar bakteri jahat. Untuk mematikan bakteri ini, kita bisa melakukan proses pateurisasi. Caranya gampang, tinggal panaskan susu selama 5 sampai 10 menit. Susu pun siap diminum! Selain itu, susu segar murni juga tidak tahan lama. Susu harus cepat – cepat diminum agar kerjaan gizi tidak rusak.



Dan, supaya tahan sampai lebih dari setahun susu harus diolah.        
Ada yang diolah menjadi susu UHT. Caranya susu dipanaskan 
dengan suhu sangat tinggi (135-145° celcius) dalam waktu 
singkat (2-5 detik). Ada juga yang dikeringkan jadi susu bubuk. 
Dan ada susu yang sebagian airnya dihilangkan melalui proses 
penguapan. Sehingga susu yang cair menjadi lebih pekat atau 
kental. Ini yang disebut susu kental manis.





Tapi... sayangnya, pengolahan susu bisa merusak kerajaan gizi. Banyak kandungan gizi dalam susu yang rusak dan hilang. Dan biasanya, ada zat – zat yang ditambahkan dalam susu olahan. Misalnya gula, zat warna, atau zat – zat lainnya.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment