Bakteri Enterobacter Sakazakii Tiba!!

Nama Enterobacter sakazakii tiba-tiba tenar. Ia disebut sebagai sumber penyakit. Mm, siapa dia?.. mari kita kenalan dengannya

Bikin Heboh           
         Enterobacter sakazakii termasuk dalam golongan bakteri berbahaya. Bakteri ini ditemukan tahun 1958, pada penyakit bayi penderita radang selaput otak. Sebenernya bakteri E.  Sakazakii ini, terhitung jarang menyerang. Tapi sekali menyerang, bisa mengakibatkan penyakit yang sangat berbahaya seperti membesarnya kepala karena cairan otak yang berlebihan atau hidrosefalus, meningitis atau infeksi selaput otak pada bayi, infeksi berat, dan kerusakan saluran pencernaan. Ada juga yang mengakibatkan infeksi saluran kencing dan infeksi tulang pada orang dewasa. Hmm, walau bakteri ini bisa menyerang semua umur, tapi ia paling suka menyerang bayi.

Sembunyi di Susu
            Sepertinya hampir semua bakteri suka susu. Yup, karena susu merupakan tempat berkembang biak yang baik untuk bakteri. Makanya setiap ada kesempatan, bakteri selalu berusaha masuk ke dalam susu. Termasuk si E. Sakazakii ini. Bakteri ini bisa menyusup saat susu diperah, diolah, bahkan saat susu sudah dikemas ataupun siap minum. Sebenarnya selain E. Sakazakii, banyak juga bakteri jahat lainyang suka menyusup ke dalam susu. Seperti, Clostridium botulinu, Citrobacter freundii, Leuconostoc mesenteroides, Escherichia coli, Salmonella agona, Salmonella anatum, Salmonella bredeney, Salmonella ealing, Salmonella Virchow, Serratia marcescens, Salmonella isangi  dan berbagai jenis salmonella lainnya. Bakteri itu juga mengakibatkan banyak penyakit berbahaya.


Cara Memerangi
Kunci utamanya adalah tubuh punya daya tahan tubuh yang baik. Yup, kalau tubuh kita kuat, bakteri ini tidak akan mudah menyusup. Makanya, yang menjadi sasaran biasanya bayi yang lahirnya prematur, bayi dengan berat lahir rendah, dan mereka yang daya tahan tubuhnya lemah. Nah, untuk menghindarinya, jagalah kesehatan dan kebersihan. Usahakan menyeduh susu dengan air bersuhu 70°C. Bakteri ini akan mati di atas suhu 60°C. Lalu, pastikan kemasan susu atau makanan rapat betul. Jangan sampai ada lubang atau celah sekecil apapun, agar tidak ada bakteri jahat yang menyusup.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment